Langsung ke konten utama

Sebuah Renungan: Gerhana Matahari Total (Solar eclipse) di Indonesia

Pada tanggal 9 Maret 2016, Indonesia yang katanya merupakan negara satu-satunya di dunia yang menjadi saksi terjadinya gerhana matahari total. Bener-bener total !


Peristiwa tertutupnya matahari oleh bulan secara keseluruhan. Matahari dan bulan berada pada satu titik. Terlihat seperti cincin besar di langit. Amazing! Allahu Akbar! Segala puji bagi Allah!

Kejadian yang super duper langka!
Menurut perhitungan para ahli antariksa, kejadian gerhana matahari total akan terjadi 300 tahun (atau lebih) mendatang di titik yang sama.
Jadi ini peristiwa seumur hidup sekali bagi gue.

Jujur gue, ga liat gmt total di sekitar rumah tapi beberapa bagian Indonesia, yang gue liat di tv yaitu daerah bangka belitung, palu, ternate, palembang jadi sorotan. Sebagai Indonesian, tetep aja gue merasa beruntung.

Bagi gue, ini jadi sebuah renungan:
1. Bisa melihat langsung salah satu Keagungan/Kekuasaan/Kehebatan/Kebesaran ALLAH SWT yang ga akan pernah satupun makhluk mampu menciptakan siklus MAHA DASHYAT seperti ini.
Kita bisa apa? Ngga bisa apa-apa. Cuma bisa liat doang dan mempelajari.

Allah itu Maha Pintar, manusia mana bisa buat kayak gini. Kita tuh kecil, lemah, dan sangat sering belagu. Lu ngerasa pinter? Jah, ga ada apa-apanya lu cuy. Lu pinter paling lokal doang. Itu juga berdasar predikat org2 sekitar aja. Diatas langit ada langit. Allah Maha Pintar adalah fakta yang tak terbantahkan sampai kapanpun. Pintar yang levelnya di atas Allah itu ga akan pernah ada.

Gue nangis lihat gerhana. Gue seketika merasa lemah dan hina di hadapan Allah. Akan berusaha gue bawa perasaan ini untuk interospeksi diri.

2. Takut kiamat! Takjub sih takjub. Tapi kalau ketutup gitu, terus ga balik lagi gimana? Beruntung tadi Allah masih ngijinin kita untuk lihat matahariNya lagi. Nih ya, kalau ga ada (gravitasi) matahari, bumi kita jatoh, kiamat bisa bisa. Makasih Ya Allah kita masih di kasih kesempatan hidup. Makanya buat orang islam sangat disarankan sholat gerhana, minta ampun sama Allah, bukan ngutamain foto2.

3. Nambah pengetahuan! Kebanyakan dari kita cuma liat dari buku pelajaran kalau gerhana matahari itu ada. Kenyataannya ada! Yang ngeliat langsung lebih beruntung lagi, ga perlu keluar duit untuk membuktikannya, cuma tinggal liat ke langit doang. Buku pelajaranmu ga bohong.

4. Ekonomi membaik! Daerah2 di Indonesia yang dilalui gerhana matahari total mendadak jadi daerah tujuan wisata lokal dan internasional. Peneliti-peneliti lokal dan asing pada dateng. Indonesia sering disebut-sebut namanya di segala macem media massa baik dalam dan luar negeri, menjadikan ini promosi gratis. Hotel-hotel penuh saking org2 pada niat nungguin gmt. Tukang jualan sekitar "nonton bareng gmt" mendulang untung juga. Pariwisata kita mendadak tenar karena dilewatin gerhana matahari total yang sebentar ya berkisar 1-2,5 menitan. Wow! Lihat betapa baiknya Allah. Padahal cuma beberapa menit gerhananya, banyak untung yang didapat. Makasihlah sama Allah. Bukti bahwa mudah bagi Allah untuk memperbaiki kehidupan ekonomi kita.

Itulah sedikit renungan yang saya analisa.
Semoga semua sifat kita yang buruk, jadi berubah baik setelah melihat fenomena langka ini.

Aminn...
Sekian.

posted from Bloggeroid

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Icip Tornado ice cream dan gangjong di lotteria

Ini dia penampakan tornado ice cream dan gangjong ala korea di lotteria depok. Margocity mall. Totalnya 43rb. Yang jelas si ice creamnya 11rb. Waktu ke sini gue sendirian. Kaya anak ilang. Kalau minta barengan, au jadinya kapan. Gue penasaran sama rasanya. Rasanya enak juga. Gangjong itu ayam fried chicken sama ubi goreng di siram saus pedas manis, ada juga rasa asam manis. Ditaburi wijen deh. Buat ganjel perut pas banget. Klo es krimnya biasa-biasa aj. Klo di lihat es krim vanila diaduk bareng bubuk grean tea. Bukan grean tea pure. Jadi masih ad bintik2 ijonya dan masih dominan putih. Termasuk terjangkau. Sekian. Annyeong^^ posted from Bloggeroid

Messy~

Niatnya emang ga lari. Ke car free day mepet2 walhasil abang2nya ud pada gulungin barang. Mau beli sesuatu. Sampai ke sana niat banget lu nis. Ya gue mah yang pasti2 aj ke tempat jualan yang menjual barang yang gue perlu saat itu. Waktu berangkat juga rada males. Kenapa? Puanass~ Ya ngumpulin niat, aga siang dh berangkat. Ya lumayan sial. Ya kan salah lu nis. Ya iya sih. Next time pagian nis. Ya Insya Allah. Tadi punya niat lain sih. Niat jalan jauh buat bakar kalori. Ini dia detik2 5 menit lagi di buka lagi jalur kendaraannya. Alias car free day nya untuk hari itu udahan. Jam 11 itu normal lagi dengan segala polusinya. Bundaran HI, dengan pantung selamat datangnya. Kosong, ga ada kendaraan kan. Muka gue, ntar dikira ngambil di gugel lagi. Gue beneran disana. Abis itu ke kota tua.. Bakar kalori lagi. Masa langsung pulang, mampir dululah. Dadakan. Museum fatahillah.. Ngambilnya rada jauh sih, yang penting ngambil gambar ajalah, lagian moto orang yang ga krnal uj...

Cara Menggunakan Vending Machine Commuter Line

Kabar gembira !!! Sekarang2 ini. Klo beli tiket commuter line udah canggihan loh, ga harus beli di mba/mas kasir tiket loh. Sekarang bisa pakai vending machine! Vending machine apaan sih? Mesin penjual otomatis. Self service lah intinya. Yang dibawa apa aja? Pertama, bawa duit (hehe~ ud pada tau yak) .. Duit kertas yang fisiknya masih ok ya. Koin juga bisa sih tapi cuma koin Rp1000 atau Rp 500 aja. Kedua, bawa kartu multi trip/KMT (kartu yang warnanya item, bagi yang ud punya) ~atau~ bawa kartu single trip (kartu putih atau THB namanya) dr perjalanan sebelumnya. ~atau~ ga bawa kartu apa2 juga ga apa2, kan bisa dibeli THB di vending machine itu. Klo yang multi trip masih ke loket kasir untuk membeli kartu perdananya. Klo ga salah ya. Aslinya ga ribet kok pakai vending machine ini. Ya paling awal2 agak kegok takut salah pencet. Kan belum apal posisi yang mau ditouch di layar monitornya. Berdasarkan pengalaman, yang multi trip item, itungannya nge-top up alias ngisi sal...